Monday , September 28 2020
Home / My Blog / Rohani / Ajaran Tuhan Yesus Tentang Hukum Pertama Dan Utama

Ajaran Tuhan Yesus Tentang Hukum Pertama Dan Utama

Ajaran Tuhan Yesus Tentang Hukum Pertama Dan Utama

Apahkah anda termasuk saya kesulitan menerapkan hukum ini yakni Hukum Cinta kasih?Itulah tanda ajaran dari allah yakni membuat manusia damai dengan sesamanya.hukum yang sulit dijalankan oleh manusia,kejahatan dibalas dengan kebaikan,walau sebetulnya sangat bisa.perlu bantuan rahmat allah dan katakan ” MAU” semuanya akan dimudahkan olehNYA.

Ajaran Tuhan Yesus Tentang Hukum Pertama Dan Utama
Ajaran Tuhan Yesus Tentang Hukum Pertama Dan Utama

Mat 5:43-48

Kasihilah musuh-musuhmu.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius:

Dalam khotbah di bukit, Yesus berkata,
“Kalian telah mendengar bahwa disabdakan,
‘Kasihilah sesamamu manusia, dan bencilah musuhmu.’

Tetapi Aku berkata kepadamu, ‘Kasihilah musuh-musuhmu,
dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kalian.’
Karena dengan demikian

kalian menjadi anak-anak Bapamu yang di surga.
Sebab Ia membuat matahari-Nya terbit bagi orang yang jahat,
dan juga bagi orang yang baik.

Hujan pun diturunkan-Nya bagi orang yang benar
dan juga bagi orang yang tidak benar.

Apabila kalian mengasihi orang yang mengasihi kalian,
apakah upahmu?
Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian?

Dan apabila kalian hanya memberi salam kepada saudaramu saja,
apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain?
Bukankah orang yang tidak mengenal Allah pun berbuat demikian?

Karena itu kalian harus sempurna
sebagaimana Bapamu di surga sempurna adanya.”

Saudara-saudari dan bapak ibu yang diberkatin dalam nama Yuhan Yesus

Kunci dari membalas kejahatan dengan kebaikan adalah memohon bantuan rahmat allah dan mau untuk mengampuni,karena kita pada dasarnya adalah orang berdosa,bagaimana kita akan diampuni kalo sangat sulit untuk mengampuni sesama yang bersalah kepada kita.

Bilamana Kita sudah di mampukan untuk mengampuni,Justru daya mujijat akan menyertainya,biarkan kuasa allah bekerja,hidup akan semakin dilancarkan angap saja sebagai sesilih dari dosa dosa,biarlah PEMBALASAN  adalah Hak allah.kita tinggal melihat saja apa yang terjadi dikemudian hari orang tsb.

Apa yang membuat murid Kristus, kita orang kristen, berbeda dari kelompok golongan yang lain? Yang membuat kita berbeda dari penganut agama lain adalah karena iman kita. Iman akan Kristus, yang selalu menekankan hukum cinta kasih.

Mengimani Kristus berarti menyerahkan diri secara total dan percaya penuh bahwa apa yang diajarkan Kristus adalah benar. Karena itu kita orang Kristen sudah seharusnya menjadikan semua ajaran Kristus, terutama hukum cinta kasih, menjadi inspirasi hidup kita.

Seorang Pastor misionaris di saat diwawancara sesudah dipukul oleh para perampok katakan: “Saya harus memaafkan para perampok. Mereka sudah dikuasai oleh kekuatan jahat. Saya sangat kasihan dengan mereka. Saya harus mendoakan mereka.

Semoga Tuhan mengampuni mereka dan mengasihi mereka.” Kemudian dia sambung lagi. “Menjadi imam harus selalu mengikuti nasihat Kristus secara radikal, artinya ajaran Kristus harus selalu dihayati dan diamalkan dalam hidup harian secara konkrit. Tidak ada artinya mengimani Kristus kalau tidak menjalankan hukum cinta kasih dalam kehidupan konkrit. ”

Hari ini Yesus mengingatkan kita lagi akan hukum yang sangat luar biasa itu. Katanya: “Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu!” Teman saya orang Papua New Guinea katakan: Hukum ini sangat sulit dijalankan dalam hidup. Bagaimana mungkin saya mengasihi orang yang sudah membunuh kakak saya? Kemarahan saya baru bisa dilempiaskan kalau saya berhasil membalas kejahatan mereka dengan kejahatan juga.” Apakah benar bahwa dengan membalas kejahatan, orang akan mengalami kepuasaan?

Saudara-saudari … Membalas kejahatan dengan kejahatan sesungguhnya adalah satu ekpresi alamia manusia tanpa menggunakan pikiran dan standar moral atau agama. Reaksi macam itu bisa kita lihat dalam diri anak yang masih bayi.

Kalau terasa lapar atau sakit dia menangis. Bayi sendiri tidak bisa menjelaskan keadaannya dengan kata-kata. Satu-satunya sarana komunikasi yang bisa diungkapkan dalam keadaan itu adalah lewat menangis. Sementara untuk orang dewasa, ia bisa menjelaskan keadaannya dengan menggunakan kata-kata.

Yesus dalam ajaran, Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu!- sesunguhnya mau mengajak pengikutnya untuk menggunakan standar Tuhan, yang melampui pikiran manusia. Jadi bukan standar manusia lagi yang digunakan, tetapi standar Tuhan.

Supaya hukum ini bisa dihayati dan diamalkan dengan baik dalam hidup harian, maka sangat diharapkan agar orangnya harus selalu dalam komunion dengan Tuhan. Hanya dengan bantuan Tuhan kita bisa menjalankan perintah Tuhan:

Kasihilah musuhmu dan bedoalah bagi mereka yang menganiaya kamu! Sebagai pengikut Kristus, kita sudah seharusnya selalu dalam komunion dengan Tuhan. Begitu banyak orang Kristen yang sudah atau sedang menghayati dan menjalankan perintah ini karena mereka sungguh mengerti apa artinya hidup menjadi pengikut Kristus.

Yesus Kristus sendiri sudah memberi contoh yang sangat bagus dalam hal ini. Ia mati di kayu salib dan dari salib Ia berdoa: “Bapa ampunilah mereka karena mereka tidak tahu apa yang mereka buat.” Itulah penghayatan hukum cinta kasih yang sudah ditunjukkan Yesus Kristus.

Pertanyaan untuk kita: apakah kita juga selalu sanggup menghayati dan mengamalkan perintah dan ajaran Kristus?

Marilah saudara-saudari … Bersama Bunda Maria, kita berdoa semoga Tuhan menguatkan kita agar ajaran Kristus bisa kita hayati dan amalkan dengan baik dalam hidup harian kita. Bersama Tuhan kita bisa jalankan perintah-Nya. Amen!

About winarnopambudi

Check Also

Janji Yang Ditepati Adalah Kunci Kepercayaan

Janji Yang Ditepati Adalah Kunci Kepercayaan Peristiwa Elisabet dan bunda maria  menerima anugrah dari allah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
error: Content is protected !!