Tuesday , September 22 2020
Home / My Blog / Rohani / Cinta Sesama Manusia Identik Cinta Kepada Tuhan

Cinta Sesama Manusia Identik Cinta Kepada Tuhan

Cinta Sesama Manusia Identik Cinta Kepada Tuhan,adalah kata kunci menuju bertemu dengan tuhan Sendiri.Ajaran yesus dengan sangat gamblang menjelaskan hubungan yang sangat erat antara Tuhan dan manusia,Karena Manusia Adalah Gambaran dari Allah sendiri

Cinta Sesama Manusia Identik Cinta Kepada Tuhan
Cinta Sesama Manusia Identik Cinta Kepada Tuhan

Sekali peristiwa datanglah seorang ahli Taurat kepada Yesus
dan bertanya kepada-Nya,
“Perintah manakah yang paling utama?”
Jawab Yesus, “Perintah yang paling utama ialah:
Dengarlah, hai orang Israel,
Tuhan Allah kita itu Tuhan yang esa.

Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hati,
dengan segenap jiwa, dengan segenap akal budi,
dan dengan segenap kekuatanmu.

Dan perintah yang kedua ialah:
Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
Tidak ada perintah lain yang lebih utama
daripada kedua hukum ini.”

Berkatalah ahli Taurat itu kepada Yesus,
“Guru, tepat sekali apa yang Kaukatakan,
bahwa Dia itu esa, dan bahwa tidak ada allah lain kecuali Dia.

Memang mengasihi Dia dengan segenap hati,
dengan segenap pengertian, dan dengan segenap kekuatan,
serta mengasihi sesama manusia seperti diri sendiri
jauh lebih utama dari pada semua kurban bakar dan persembahan.”

Yesus melihat betapa bijaksana jawaban orang itu.
Maka Ia berkata kepadanya,
“Engkau tidak jauh dari Kerajaan Allah!”
Dan tak seorang pun berani lagi menanyakan sesuatu kepada Yesus.

Bagaimana mewujudkan Cinta Sesama Manusia Identik Cinta Kepada Tuhan?

Bapak ibu yang diberkatin dalam nama tuhan yesus.

Pernyataan, “Engkau tidak jauh dari kerajaan Allah?”, ini disampaikan oleh Yesus Kristus kepada seorang ahli Taurat. Yesus rupanya sudah membaca ketulusan hati dan kejernihan dan kebaikan pikiran dari ahli Taurat ini.

Yang sangat menarik dari reaksi ahli Taurat ini adalah bahwa dia tidak saja mengulangi apa yang sudah dikatakan Yesus tentang hukum yang paling utama, tetapi ia menambahkan satu pernyataan yang sungguh menyentuh hati Yesus Kristus.

Katanya: “Memang mengasihi Dia dengan segenap hati dan dengan segenap pengertian dan dengan segenap kekuatan, dan juga mengasihi sesama manusia seperti diri sendiri adalah jauh lebih utama dari pada semua korban bakaran dan korban sembelihan.”

Pernyataan “jauh lebih utama dari pada semua korban bakaran dan korban sembelihan” inilah yang sungguh menyentuh hati Yesus. Menanggapi pernyataan ini, Yesus Kristus langsung berkata kepadanya: “Engkau tidak jauh dari kerajaan Allah”

Artinya bahwa karena ketulusan hati dan kejernihan serta kebaikan pikirannya, maka ahli Taurat itu diberkati. Warga kerajaan Allah adalah pribadi-pribadi yang memiliki ketulusan hati dan pikiran yang baik. Barangsiapa yang memiliki hati yang suci dan pikiran yang baik, maka dia sangat dekat dengan kerajaan Allah.

Rupanya ahli Taurat ini sudah mengamati praktek yang sering terjadi dalam agama Yahudi, bahwa banyak orang yang membawa korban bakaran dan korban sembelihan untuk Tuhan, tetapi tingkah-laku hidup mereka bertentangan dengan kehendak Tuhan; relasi mereka dengan sesama juga tidak baik.

Ahli Taurat ini sangat setuju dengan apa yang dikatakan Yesus, bahwa hukum yang paling utama adalah percaya kepada Tuhan Allah, bahwa Tuhan itu esa: artinya bahwa tidak ada tuhan selain Tuhan Allah. Tidak boleh percaya pada alah -alah yang lain selain Tuhan Allah.

Kasihilah Tuhan dengan segenap hati,–>> karena Dialah pencipta kita; Dialah sumber segala sesuatu dan Dia selalu mencintai kita. Kita harus tanamkan dalam hati kita satu perasaan selalu mencintai Dia; kita harus selalu merasa jatuh cinta pada-Nya.

Kita mengasihi Tuhan dengan segenap akal budi kita,–>> itu berarti kita harus selalu memikirkan Dia, kapan dan di mana saja, karena cepat atau lambat kita akan kembali kepada-Nya. Kita tidak bisa mengelak dari pada Tuhan. Sikap-sikap seperti inilah yang harus selalu menjadi dasar relasi kita dengan Tuhan.

Di saat kita membawa persembahan, persembahan kita harus keluar dari rasa kasih kita kepada Tuhan, bukannya keluar dari satu perasaan karena kewajiban.

Marilah saudara-saudari …marilah kita memulai hal yang paling kecil yakni cara memulai Cinta Sesama Manusia Identik Cinta Kepada Tuhan  dengan meningkatkan semangat kita dalam menjalankan hukum yang paling utama itu, karena dengan mewujud-nyatakan hukum cinta kasih itu kita akan semakin dekat dengan Kerajaan Allah.

Kita berdoa semoga Tuhan senantiasa menyadarkan kita untuk mewujud-nyatakan hukum yang paling utama itu dalam hidup harian kita.

Kita memohon Bunda Maria untuk mendoakan kita. Amen!

About winarnopambudi

Check Also

Janji Yang Ditepati Adalah Kunci Kepercayaan

Janji Yang Ditepati Adalah Kunci Kepercayaan Peristiwa Elisabet dan bunda maria  menerima anugrah dari allah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
Shares
error: Content is protected !!