Home / My Blog / Rohani / Janji Yang Ditepati Adalah Kunci Kepercayaan

Janji Yang Ditepati Adalah Kunci Kepercayaan

Janji Yang Ditepati Adalah Kunci Kepercayaan

Peristiwa Elisabet dan bunda maria  menerima anugrah dari allah adalah kunci kembalinya hubungan manusia dan Allah Bapa,sesuai rancangannya,allah datang kemanusia bukan seperti Manusia Super karya holywood,melainkan proses manusiawi,yakni proses kelahiran lumrahnya proses kehadiran anak manusia di bumi.Bentuk suka cita keduanya yakni janji allah yang ditepatinya,menjadikan mereka semakin teguh dihadapan allah

"<yoastmark

Luk 1:46-56

Dalam kunjungannya kepada Elisabet,
ketika dipuji bahagia, Maria memuliakan Allah dan berkata,
“Jiwaku memuliakan Tuhan,

dan hatiku bergembira karena Allah, Juruselamatku,
sebab Ia telah memperhatikan kerendahan hamba-Nya.
Sesungguhnya, mulai sekarang

segala keturunan akan menyebut aku berbahagia,
karena Yang Mahakuasa telah melakukan perbuatan-perbuatan besar kepadaku,
dan nama-Nya adalah kudus.

Rahmat-Nya turun-temurun atas orang yang takut akan Dia.
Ia memperlihatkan kuasa-Nya dengan perbuatan tangan-Nya,
dan mencerai-beraikan orang-orang yang congkak hatinya;

Ia menurunkan orang-orang yang berkuasa dari takhtanya,
dan meninggikan orang-orang yang rendah;
Ia melimpahkan segala yang baik kepada orang yang lapar,

dan menyuruh orang yang kaya pergi dengan tangan hampa;
Ia menolong Israel, hamba-Nya,
karena Ia mengingat rahmat-Nya,

seperti yang dijanjikan-Nya kepada nenek moyang kita,
kepada Abraham dan keturunannya untuk selama-lamanya.”Kira-kira tiga bulan lamanya Maria tinggal bersama Elisabet, lalu pulang ke rumahnya.

bapak ibu dan saudara saudari yang diberkatin dalam nama tuhan yesus, Hari ini dalam bacaan pertama yang diambil dari Kitab 1 Samuel 1:24-28: kita mendengar seorang ibu namanya Hana, yang sesudah melahirkan anak laki-laki yang diberi nama Samuel, kembali ke Imam Elia untuk menyampaikan syukur kepada Tuhan,

karena doanya didengarkan Tuhan dan kini ia mau menyerahkan Samuel kepada Allah. Katanya: “Demi tuanku yang hidup, akulah perempuan yang dahulu berdiri di sini, dekat tuanku untuk berdoa kepada Tuhan. Untuk mendapat anak inilah aku berdoa dan Tuhan telah memberikannya kepadaku.

Maka aku pun menyerahkannya kepada Tuhan; seumur hidupnya – terserahlah anak ini – kepada Tuhan.” Hana sungguh menepati janjinya. Ia kembali kepada Tuhan yang mengambulkan doanya.

Dalam bacaan Injil, kita mendengar Bunda Maria memuliakan Tuhan karena Ia dipuji oleh Elizabet. Maria bersukacita karena apa yang disampaikan Tuhan lewat Malaikat Gabriel semuanya terjadi. Janji Tuhan kepada Zakaria terwujud dalam diri Elizabet.

Perkataan Malaikat kepada Maria, bahwa ia menjadi Ibu Tuhan, kini dikonfirmasikan oleh Elizabet: “Siapakah aku ini, ibu Tuhanku datang mengunjungi aku?” Status sebagai ibu Tuhan bukan hanya disampaikan oleh Malaikat Gabriel, tetapi kini Maria mendengarnya langsung dari mulut Elizabet.

Roh Tuhan yang sama sudah bekerja dalam diri Malaikat Gabriel dan Elizabet. Tuhan selalu setia dan bertanggungjawab akan perkataanNya. Maria dan Elizabet mengalami pemenuhan janji Tuhan. Hati mereka sungguh bersukacita dan iman mereka pun semakin diteguhkan. Mereka sangat setia pada Tuhan dan sesama dan selalu bertanggungjawab akan imannya pada Tuhan.

Bagaimana dengan kita? Apakah kita selalu setia dan bertanggungjawab akan janji kita? Di saat kita berdoa memohon bantuan Tuhan dan pada waktu berdoa kita menjanjikan sesuatu kepada Tuhan, apakah kita kembali kepada Tuhan menyampaikan terima kasih dan tetap setia dan bertanggungjawab akan janji kita? Bagaimana perasaan dan pikiran kita kalau kita tidak menepati janji kita?

Marilah saudara-saudari…. Berpegang teguhlah dan bertanggungjawablah akan kata-kata dan janji kita. Ikutilah contoh hidup ibu Hana, St. Elisabet dan Bunda Maria.

Kita memohon Ibu Hana, St. Elisabet dan Bunda Maria untuk mendoakan kita agar kita pun selalu setia dan bertanggungjawab akan perkataan kita, baik terhadap Tuhan maupun terhadap sesame dan diri sendiri. Amin.

About winarnopambudi

Check Also

Hubungan Yohanes Pembaptis dan Yesus

Hubungan Yohanes Pembaptis dan Yesus Kehamilan Yohanes pembabtis dan yesus berdekatan,mrk adl nabi besar,dimana Kehadiran …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
Shares
error: Content is protected !!