Tuesday , March 31 2020
Home / My Blog / Rohani / Kisah Yesus Yang Hilang Selama 3 Hari dari Bunda Maria

Kisah Yesus Yang Hilang Selama 3 Hari dari Bunda Maria

Kisah Yesus Yang Hilang Selama 3 Hari dari Bunda Maria

Rasanya gimana,kalo seorang ibu kehilangan anaknya,pasti kegelisahan dan bisa dibayangkan bagaimana perasaan bunda maria yang kehilangan kanak kanak Yesus selama 3 hari,takut,marah kecewa,krn dia adalah titipan Allah yang hrs dibesarkan oleh orang tuanya selama di dunia.

Kalo boleh Flash Back,segala usaha ditempuh krn pd waktu itu sepeda motor,mobil,belum ada dan dibayangkan dalam proses pencarian putranya dgn berjalan kaki baru dalam hitungan hari ke 3 yesus ditemukan di bait allah.Ujian bagi bunda maria,dalam keputus asaan  bagaimana rasanya hatinya tersayat sayat akan anak yang dilahirkan hilang.

Kisah Yesus Yang Hilang Selama 3 Hari dari Bunda Maria
Kisah Yesus Yang Hilang Selama 3 Hari dari Bunda Maria

Luk 2:41-51

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas:

Tiap-tiap tahun, pada hari raya Paskah,
orang tua Yesus pergi ke Yerusalem.
Ketika Yesus telah berumur dua belas tahun,

pergilah mereka ke Yerusalem
seperti yang lazim pada hari raya itu.
Seusai hari-hari perayaan itu,

ketika mereka berjalan pulang,
tinggallah Yesus di Yerusalem tanpa diketahui orang tua-Nya.
Karena mereka menyangka

bahwa Yesus ada di antara orang-orang seperjalanan mereka,
berjalanlah mereka sehari perjalanan jauhnya,
lalu baru mencari Dia di antara kaum keluarga dan kenalan.

Karena tidak menemukan Dia,
kembalilah orangtua Yesus ke Yerusalem sambil terus mencari Dia.
Sesudah tiga hari,

mereka menemukan Yesus dalam Bait Allah;
Ia sedang duduk di tengah-tengah alim ulama,
sambil mendengarkan mereka,

dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada mereka.
Semua orang yang mendengar Dia
sangat heran akan kecerdasan dan segala jawab yang diberikan-Nya.

Ketika Maria dan Yusuf melihat Dia, tercenganglah mereka.
Lalu kata ibu-Nya kepada-Nya,
“Nak, mengapa Engkau berbuat demikian terhadap kami?

Lihatlah, Bapa-Mu dan aku dengan cemas mencari Engkau.”
Jawab Yesus kepada mereka,
“Mengapa kamu mencari Aku?

Tidakkah kamu tahu
bahwa Aku harus berada di dalam rumah Bapa-Ku?”
Tetapi mereka tidak mengerti apa yang dikatakan Yesus kepada mereka.

Lalu Yesus pulang bersama-sama mereka ke Nazaret;
dan Ia tetap hidup dalam asuhan mereka.
Dan Maria menyimpan semua perkara itu di dalam hatinya.

Yesus makin bertambah besar,
dan bertambah pula hikmat-Nya,
Ia makin besar, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia.

Saudara-saudari dan bapak ibu yang diberkatin dalam nama tuhan yesus kristus

Hari ini kita merayakan Pesta hati tersuci Santa Perawan Maria. Mungkin ada yang bertanya, apa yang membuat hati Bunda Maria begitu suci? Padahal dia adalah manusia biasa seperti kita.
Saudara-saudari Bunda Maria

adalah seorang wanita yang disiapkan oleh Tuhan secara khusus karena dia akan melahirkan Putera Allah. Seluruh diri-nya harus suci agar Putera Allah yang mahakudus boleh bersemayam dalam kandungannya. Mungkin ada yang bertanya: bagaimana dengan sifat keterbatasannya sebagai seorang manusia dan soal kebebasannya sebagai

manusia untuk boleh mengambil satu keputusan sesuai dengan kehendak bebasnya sebagai manusia? Benar bahwa ia adalah seorang manusia yang juga memiliki keterbatasan; juga seorang manusia yang punya kebebasan untuk memilih, tetapi keunikan Bunda Maria adalah dia sudah direncanakan oleh Tuhan untuk menjadi Bunda Putera Allah.

Karena dia sudah dipilih Tuhan, maka konsekwensinya Tuhan sendiri yang bertanggungjawab atas hidupnya. Bagi Tuhan segalanya mungkin. Itulah yang kita sebut rahasia Tuhan. Maria sendiri, juga tidak bisa menyalah gunakan kebebasannya untuk melakukan segala sesuatu sesuai dengan kehendaknya karena ia sendiri sudah menyerahkan dirinya secara total kepada kehendak Allah.

Dia sudah pasrahkan semuanya pada Tuhan. Dia tidak mempermainkan kata-kata yang sudah diucapkannya, tetapi sebaliknya, ia harus selalu setia pada kata-katanya sendiri. Katanya kepada malaikat Gabriel: Aku ini hamba Tuhan, terjadilah padaku menurut perkataan-Mu.

Di hadapan Tuhan, Maria sudah tidak berdaya. Ia melihat dirinya sebagai hamba Allah. Sebagai hamba Allah, Maria melihat dirinya sebagai wanita yang tidak punya hak untuk berbuat seturut kehendaknya, tetapi hanya punya kewajiban untuk melakukan apa yang dikatakan Tuhan.

Ia sungguh hidup hanya melakukan kehendak Tuhan, bukan dirinya. Baginya kebebasan untuk memilih tidak berlaku lagi, yang ada hanyalah kewajiban untuk melakukan kehendak Tuhan. Itulah Maria. Hatinya sungguh suci. Ia selalu hidup sesuai dengan apa yang sudah dikatakannya;

ia selalu setia mengikuti apa yang sudah direncanakan Tuhan. Tanggapan atas panggilan Tuhan diterimanya dengan penuh tanggung-jawab. Ia sama-sekali tidak sia-siakan kepercayaan Tuhan. Kepercayaan Tuhan dijaganya dengan sangat baik.

Demikian pun dengan janji yang sudah diikrarkannya, Ia sungguh menghayati dan mengamalkan janji setianya sampai akhir hidupnya. Itulah Bunda Maria, karena sikap dan kesetiaannya yang begitu mulia, maka ia digelar sebagai Bunda yang tak bernoda.

Selain karena ia sudah disiapkan oleh Tuhan untuk menjadi Bunda Putera Allah, tanggapannya atas tawaran Allah pun sungguh sesuai dengan kehendak Allah sendiri. Ia melakukan segala sesuatu sesuai dengan kehendak Allah.

Saudara-saudari … Apa yang dibuat oleh Maria,sesungguhnya juga bisa kita buat. Kalau kita selalu prioritaskan kehendak Tuhan dalam hidup harian kita, dan selalu setia pada apa yang sudah kita janjikan pada Tuhan, maka pasti hati kita pun menjadi suci.

Marilah saudara-saudari … kita mengajak Bunda Maria untuk mendoakan kita, semoga berkat doa Bunda Maria kita pun boleh hidup suci, sebagaimana sudah diharapkan oleh Yesus Kristus agar kita pun selalu hidup sempurna, sebagaimana Allah kita sempurna. Amen!

 

About winarnopambudi

Check Also

Janji Yang Ditepati Adalah Kunci Kepercayaan

Janji Yang Ditepati Adalah Kunci Kepercayaan Peristiwa Elisabet dan bunda maria  menerima anugrah dari allah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
Shares
error: Content is protected !!