Sunday , September 20 2020
Home / My Blog / Rohani / Kita Diciptakan Berbeda Dengan Yang Lain Krn Tuhan Punya Rencana Berbeda

Kita Diciptakan Berbeda Dengan Yang Lain Krn Tuhan Punya Rencana Berbeda

Kita Diciptakan Berbeda Dengan Yang Lain Krn Tuhan Punya Rencana Berbeda

Masing-masing kita dipanggil secara khusus oleh Tuhan untuk melayani Dia sesuai dengan rencanaNya. Tuhan sudah tentukan apa yang akan terjadi ke atas kita masing-masing. Kita diminta untuk menjalankan tugas kita dgn penuh tanggungjawab.

Kita Diciptakan Berbeda Dengan Yang Lain Krn Tuhan Punya Rencana Berbeda
Kita Diciptakan Berbeda Dengan Yang Lain Krn Tuhan Punya Rencana Berbeda

Yoh 21:20-25

Dialah murid, yang telah menuliskan semuanya ini,
dan kesaksiannya itu benar.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes:

Setelah Yesus yang bangkit berkata kepada Petrus, “Ikutlah Aku,”
Petrus berpaling dan melihat bahwa murid yang dikasihi Yesus
sedang mengikuti mereka,

yaitu murid yang pada waktu mereka sedang makan bersama
duduk dekat Yesus;
dia inilah yang berkata,

“Tuhan, siapakah dia yang akan menyerahkan Engkau?”
Ketika Petrus melihat murid itu, ia berkata kepada Yesus,
“Tuhan, apakah yang akan terjadi dengan dia ini?”

Jawab Yesus,
“Jikalau Aku menghendaki,
supaya ia tinggal hidup sampai Aku datang,
itu bukan urusanmu.
Tetapi engkau, ikutlah Aku.”

Maka tersebarlah kabar di antara saudara-saudara itu,
bahwa murid itu tidak akan mati.
Tetapi Yesus tidak mengatakan kepada Petrus,

bahwa murid itu tidak akan mati,
melainkan,
“Jikalau Aku menghendaki
supaya ia tinggal hidup sampai Aku datang,
itu bukan urusanmu.”

Dialah murid, yang memberi kesaksian tentang semuanya ini,
dan yang telah menuliskannya;
dan kita tahu, bahwa kesaksiannya itu benar.

Masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat oleh Yesus,
tetapi jikalau semuanya itu harus dituliskan satu per satu,
maka agaknya dunia ini tidak dapat memuat
semua kitab yang harus ditulis itu.

Saudara-saudari bapak ibu yang diberkatin dalam nama tuhan yesus kristus

Injil hari ini adalah kelanjutan dari Injil kemarin. Kemarin Yesus sudah meramalkan apa yang akan terjadi atas Petrus di masa tuanya. Kata Yesus kepada Petrus: “Sesungguhnya ketika engkau masih muda engkau mengikat pinggangmu sendiri dan engkau berjalan ke mana saja kau kehendaki.

tetapi jika engkau sudah menjadi tua, engkau akan mengulurkan tanganmu dan orang lain akan mengikat engkau dan membawa engkau ke tempat yang tidak engkau kehendaki.” Satu ramalan yang menegangkan. Kita tidak tahu apa yang terjadi di dalam pikiran dan perasaan Petrus sesudah mendengar perkataan Yesus tentang masa depannya.

Mungkinkah dia bingung dan merasa takut? Injil tidak menjelaskan reaksi Petrus. Tetapi lewat gerak-gerik dan reaksinya terhadap perkataan Yesus, kita bisa membayangkan apa yang sedang terjadi di dalam dirinya. Matanya menjadi tidak tenang. Ia melihat ke kiri dan ke kanan. Matanya melihat Yohanes, murid yang dikasihi Yesus. Dia ingin tahu, apakah yang terjadi ke atas Yohanes di masa tuanya.

Lewat Injil kita membaca: “ketika Petrus berpaling, ia melihat bahwa murid yang dikasihi Yesus sedang mengikuti mereka.” Lalu ia bertanya kepada Yesus: ‘Apakah yang akan terjadi dengan dia ini?’ Mungkin dia mengharapkan agar Yesus menceriterakan apa yang terjadi ke atas semua para muridnya di masa depannya; bukan cuma tentang dirinya sendiri. Tetapi Yesus menjawab: “jika Aku menghendaki, supaya ia tinggal hidup sampai Aku datang, itu bukan urusanmu. Tetapi engkau: ikutlah Aku.”

Saudara-saudari … Di sini Yesus mau katakan kepada Petrus bahwa setiap pribadi punya cara hidup dan tugasnya yang berbeda-beda. Apa yang akan terjadi pada diri seseorang di masa depan itu urusan Tuhan dan pribadi bersangkutan.

Setiap pribadi harus bertanggungjawab dengan tugas yang sudah ditentukan Tuhan dan menjalankan itu dengan setia.
Kalau kita amati misi dari Petrus dan Yohanes. Keduanya punya tugas yang berbeda. Petrus ditugaskan untuk menggembalakan domba-domba Yesus Kristus dan pada akhirnya dia mati demi Kristus. Akhir hidupnya sudah diramalkan oleh Yesus Kristus:

“Engkau akan mengulurkan tanganmu dan orang lain akan mengikat engkau dan membawa engkau ke tempat yang tidak kaukehendaki.” Benarlah yang terjadi. Petrus disalibkan kepala ke bawa dan kaki ke atas demi Kristus. Tugas Yohanes adalah menyaksikan Yesus Kristus lewat tulisannya.

Ia memberi kesaksian tentang Yesus Kristus lewat Injil dan surat-suratnya. Ia hadir waktu Yesus wafat dan ia adalah orang pertama yang percaya bahwa Yesus bangkit sewaktu ia masuk kubur Yesus bersama Petrus. Dia meninggal karena umur tua, bukan karena dibunuh.

Lewat Injil hari ini kita mendengar bagaimana Yohanes mengakhiri tulisanya: Katanya: “masih banyak hal lain lagi yang diperbuat Yesus, tetapi jikalau semuanya harus dituliskan satu persatu, maka agaknya dunia ini tidak akan dapat memuat semuanya”

Itu berarti masih banyak hal yang dibuat Yesus yang tidak tercatat dalam Injil tertulis. Yang tidak tertulis, itulah yang kita sebut tradisi lisan yang diceriterakan dari zaman ke zaman. Sabda Tuhan tidak terbatas hanya pada apa yang tertulis dalam Kitab Suci, tetapi juga lewat inspirasi yang kita terima lewat pekerjaan Roh Kudus.

Saudara-saudari … Apakah yang kita pelajari dari Injil hari ini? Beberapa pikiran yang mungkin baik untuk direnungkan:

1) Masing-masing kita dipanggil secara khusus oleh Tuhan untuk melayani Dia sesuai dengan rencanaNya. Tuhan sudah tentukan apa yang akan terjadi ke atas kita masing-masing. Kita diminta untuk menjalankan tugas kita dgn penuh tanggungjawab.

2) Apa yang ditulis dalam Kitab Suci adalah kesaksian iman dan kepercayaan para penulis akan Tuhan yang diilhami oleh Roh Kudus. Tetapi Sabda Tuhan tidak terbatas pada apa yang tertulis. Firman dan pekerjaan Tuhan jauh melampaui apa yg dimuat dalam Kitab Suci.

Itulah peranan Roh Kudus. Ia selalu bekerja dalam diri kita dan selalu memberi kita pencerahan. Siapa yang selalu terbuka akan Roh Kudus, ia akan mendapat inspirasi Ilahi.

Marilah kita berdoa memohon penerangan Roh Kudus agar kita selalu merndapat inspirasi Ilahi yang berguna bagi pencerahan rohani kita.

Kita memohon Bunda Maria untuk medoakan kita selalu. Amin

About winarnopambudi

Check Also

Janji Yang Ditepati Adalah Kunci Kepercayaan

Janji Yang Ditepati Adalah Kunci Kepercayaan Peristiwa Elisabet dan bunda maria  menerima anugrah dari allah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
Shares
error: Content is protected !!