Thursday , September 24 2020
Home / My Blog / Rohani / Mintalah Roh Kudus Menuntun Hidup Kita dan Ajak Bercakap cakap

Mintalah Roh Kudus Menuntun Hidup Kita dan Ajak Bercakap cakap

Mintalah Roh Kudus Menuntun Hidup Kita dan Ajak Bercakap cakap

Yesus sungguh baik dan dia benar benar mencintai manusia,pemikirannya all out kepada manusia supaya kebaikan senantiasa di bumi,dimintanya kepada Bapa disurga anugrah Yakni Roh Kudus sebelum kenaikannya ke surga,peninggalan /harta terbaik yang diwariskan kepada manusia adalah roh Kudus supaya kedamaian terjadi,antar manusia,

Mintalah Roh Kudus Menuntun Hidup Kita dan Ajak Bercakap cakap
Mintalah Roh Kudus Menuntun Hidup Kita dan Ajak Bercakap cakap

Yoh 16:12-15

Roh Kebenaran akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes:

Dalam amanat perpisahan-Nya
Yesus berkata kepada murid-murid-Nya,
“Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu,

tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.
Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran,
Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran;

Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri,
tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya,
itulah yang akan dikatakan-Nya,

dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.
Ia akan memuliakan Aku,
sebab Ia akan memberitakan kepadamu
apa yang diterima-Nya dari pada-Ku.

Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah kepunyaan-Ku,
sebab itu Aku berkata:
Ia akan memberitakan kepadamu
apa yang Dia terima dari pada-Ku.”

Saudara-saudari bapak ibu yang diberkatin dalam nama tuhan yesus kristus

Lewat Injil hari ini Yesus kembali mengingatkan kita akan peranan Roh Kudus dalam hidup kita. Dia menyebut Roh Kudus adalah Roh Kebenaran. Roh yang akan memimpin manusia ke dalam seluruh kebenaran. Yesus Kristus dengan tegas katakan bahwa Roh Kudus tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri.

tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya dari Dia itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepada para murid dan pewarta Sabda Allah hal-hal yang akan datang.
Yesus Kristus sendiri pun demikian, Ia tidak berkata-kata dari dirinya sendiri, tetapi apa yang yang dikatakan oleh BapaNya, itulah yang diwartakanNya. Yesus Kristus sungguh taat kepada BapaNya. Kehendak Bapa selalu menjadi prioritas.

Dalam Injil kemarin, hari Selasa kita mendengar Yesus berkata: Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu. Di sini kita melihat bahwa Roh Kudus itu datang karena atas permintaan Yesus kristus sendiri dan Dia sendirilah yang mengutusNya datang ke dunia untuk melanjutkan karya keselamatan.

Hanya cara kerjanya lain dari pada Yesus. Yesus Kristus adalah manusia dan Allah. Sebagai manusia Yesus bisa dilihat, dipegang dll. Sementara Roh Kudus tinggal dalam diri manusia dan menggerakan mansuai dari dalam. Ia Membimbing dan mengarahkan manusia untuk berkata benar.

Yesus Kristus mengutus Roh Kudus datang ke dunia karena Yesus sadar akan keterbatasan manusia. Yesus tahu bahwa para muridNya tidak memahami secara baik apa yang sudah diajarkanNya; Para murid gampang lupa; apalagi latarbelakang pendidikan mereka semuanya sangat sederhana.

Yesus sungguh sadar bahwa para murid sangat membutuhkan bimbingan dan pertolongan. Karena itu Dia menjanjikan mereka bahwa Roh Kebenaran akan datang untuk membantu mereka. Katanya: “Tunggu sampai Roh Kudus datang baru boleh keluar mewartakan Kabar Gembira.”

Benarlah yang terjadi, sesudah Pentekosten, Roh Kudus turun ke atas para Rasul, mereka keluar tanpa takut mewartakan kabar gembira sampai semua orang heran karena mereka menggunakan banyak bahasa.

Saudara-saudari  Roh Kudus sudah ada di dalam diri kita. Mungkin ada yang bertanya: kalau Roh Kudus sudah ada di dalam diri kita, mengapa kita buat kesalahan? Mengapa kita jatuh dalam dosa? Roh Kudus sungguh ada di dalam diri kita.

Dia selalu bercakap-cakap dengan kita tetapi sering kita yang dengan sengaja tidak mau mendengarkan Dia. Jangan lupa bahwa kita manusia masih tinggal di dunia di mana setan pun mau agar kita menjadi muridnya. Pekerjaan Roh Kudus akan bisa berhasil kalau kita secara 100% menyerahkan diri kita kepadaNya.

Tetapi kalau kita sering mengabaikan suaranya maka kehadirannya pun tidak mendatangkan buah bagi kita, karena kita sendiri yang tidak memanfaatkan Dia. Seperti manusia pada pada Zaman Yesus, begitu banyak orang yang menolak Yesus Kristus. Yesus coba yakinkan mereka lewat mujizat-mujizat-Nya tetapi mereka tetap tidak percaya bahwa Dia adalah Anak Allah.

Marilah saudara-saudari … Berilah diri kita sepenuhnya kepada Roh Kudus agar kita pun bisa menjadi saksi kebenaran Allah di tengah dunia.

Kita memohon Bunda Maria untuk mendoakan kita. Amen!

About winarnopambudi

Check Also

Janji Yang Ditepati Adalah Kunci Kepercayaan

Janji Yang Ditepati Adalah Kunci Kepercayaan Peristiwa Elisabet dan bunda maria  menerima anugrah dari allah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
error: Content is protected !!