Thursday , September 24 2020
Home / Ilmu Kesehatan / akupresure / Traditional Chinese Medicine dalam Membongkar Yin Yang Manusia

Traditional Chinese Medicine dalam Membongkar Yin Yang Manusia

Traditional Chinese Medicine dalam Membongkar Yin Yang Manusia

Manusia Adalah Ciptaan Allah yang Paling sempurna dimana kita akan menghormati sang pencipta dengan maha karyanya diantara nya adalah penopang dalam hidup manusia yakni Keseimbangan YIN YANG .Mau tahu Salah satu rahasia terbesar,menguak YIN – YANG manusia

Traditional Chinese Medicine dalam Membongkar Yin Yang Manusia
Traditional Chinese Medicine dalam Membongkar Yin Yang Manusia

Mari kita perhatikan aliran meredian (Yin dan Yang) yg ada di tubuh kita , dengan cara mengangkat kedua tangan kita ke atas. Dengan melihat sistem penomoran yg sudah terstandar, maka akan kita dapati bahwa Meredian Yang Mengalir Dari ATAS ke BAWAH,

dan Meredian Yin mengalir dari BAWAH ke ATAS. Hal ini menimbulkan suatu pertanyaan bagi saya, mengapa bukan sebaliknya yg terjadi? Karena Yin sifatnya dibawah dan Yang sifatnya diatas.

Dalam pencarian akan jawaban diatas, saya melakukan riset mini dari beberapa buku tentang meredian dan juga dari literatur klasik Ling Shu. Paling tidak ada dua dasar argumen yg dapat dipakai untuk menjelaskan pertanyaan di atas.

Yang pertama adalah berdasarkan teori 5 Unsur yg melibatkan 5 titik antik .
Yang kedua adalah berdasarkan teori San Jiao ( Triple Heater)

Mari kita mulai dengan pembahasan yg pertama; kalau kita Perhatikan ke dua titik antik yg pertama, titik CING dan YUNG (alasan pemilihan ke dua titik ini adalah karena karakter dari titik ini yg sangat dinamik di bandingkan dgn ke tiga titik lainnya) ada hal yg menarik untuk kita bahas.

Pada Meredian YANG, titik CING dan YUNG nya adalah METAL dan AIR.
Pada Meredian YIN , titik CING dan YUNG nya adalah KAYU dan API.

Metal dan Air mempunyai karakter yang berat dan bergerak kebawah, sehingga pada meredian YANG, titik yg pertama dan kedua ( CING dan YUNG) yg merupakan titik Metal dan Air akan mendesak energy(Qi) untuk turun kebawah, hal inilah menurut saya yg menyebabkan aliran energy( Qi) pada Meredian YANG bergerak dari Atas ke Bawah.

Sedangkan Kayu dan Api mempunyai Karakter yg bergarak keatas, perhatikanlah pertumbuhan Pohon dan nyala Api yang selalu bergerak keatas, sehingga pada meredian YIN, titik yang pertama dan kedua (CING dan YUNG) yg merupakan titik Kayu dan Api yg akan mendorong energy( Qi) untuk naik keatas. Hal ini pula lah menurut saya yg menyebabkan aliran energy (Qi)pada meredian Yin bergerak dari Bawah ke Atas.

Hal kedua dalam pengamatan dan penelusuran saya, adalah peninjauan dari teori San Jiao. Seperti kita ketahui, penerapan teori San Jiao pada tubuh manusia akan membagi menjadi tiga bagian; Jiao Atas, Jiao Tengah, Jiao Bawah.

Dalam pembahasan ini mari kita perhatikan dinamika gerakan Energy (Qi) pada Jiao Atas dan Jiao Bawah. Pada Jiao atas ada 2 organ Zang yang sangat mendominasi aktivitas disana Yaitu Jantung dan Paru-Paru. Jantung mengatur darah dan Paru-Paru mengatur Qi, namun fungsi operasional dari kedua organ itu sangat di pengaruhi oleh Jiao Bawah yaitu Ginjal.

Secara singkat saya menyimpulkan bahwa aktivitas Jiao Atas adalah aktivitas sumber penghangat ( API= Warming System) yang akan menyebar ke seluruh tubuh.
Sedangkan Pada Jiao Bawah ada aktivitas sumber pendingin ( AIR= Cooling System).

Polaritas dari kedua System ini akan membuat suatu dinamika energy yg bergerak dari Atas ke Bawah dan sebaliknya. JIka terjadi distorsi dalam proses gerakan kedua energy ini, maka akan timbul keluhan2 pada penderita, mis: Jika API tidak bergerak kebawah ( gerakannya terhambat),

maka akan ada tekanan hawa panas yg tinggi di Jiao Atas yg ditandai dgn al; hypertensi, insomnia, jantung berdebar, sakit kepala, tegang leher, dsb.Dan sebaliknya jika Air tidak bergerak keatas, maka akan ada tanda2 genangan air di Jiao Bawah, al; kaki yg dingin dan encok/pegal2, nyeri lutut, pinggang sakit, oedema pada tungkai bawah, gangguan urinasi, impotensi, dsb

Dan sebaliknya jika Air tidak bergerak keatas, maka akan ada tanda2 genangan air di Jiao Bawah, al; kaki yg dingin dan encok/pegal2, nyeri lutut, pinggang sakit, oedema pada tungkai bawah, gangguan urinasi, impotensi, dsb
Sehingga dapat dikatakan bahwa API (Yang)harus bergerak kebawah untuk mengevaporasi Jiao Bawah, Dan Air (Yin) yg terevaporasi (uap ) akan bergerak keatas sebagai cooling system.

Dengan kata lain Energy Yang bergerak kebawah dan Energy Yin bergerak keatas dalam hal ini sesuai dengan aliran energy dalam meredian ( Meredian Yang dan Yin)

Saya mempropose suatu penelitian yg mendalam tentang argumen ini dalam kaitannya dengan Fungsi Dari Great Radicular Artery (Artery of Adam Kiewiez) yg bergerak dari celah tulang belakang L2-L3 ( Ming Men) naik keatas sampai ke celah T7-T8 ( Xiao Xin).

Hipotese Saya adalah bahwa dinamika energy dalam pendekatan teori sanjiao ini ( Interrelasi API dan AIR, atau JIao Atas dan Jiao Bawah ) ada hubungannya dengan artery ADAM Kiewiez, mengingat letak anatomy nya yg sangat matching dengan teori TCM

Demikian Topik bahasan kali ini , saya mengundang teman2 untuk menanggapi, atau mungkin ada artikel menarik yg dapat di tampilakan di blog ini sebagai sarana pembelajaran bersama.

 

About winarnopambudi

Check Also

Peranan Organisasi PerP4RI(refleksi) Dalam Pelatihan 12 x warga Lapas Salemba

Peranan Organisasi PerP4RI(refleksi) Dalam Pelatihan 12 x warga Lapas Salemba Bekerja,berkarya,bersatu adalah slogan dari organisasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
error: Content is protected !!