Wednesday , November 25 2020
Home / My Blog / Rohani / Yesus Kristus Sang Mesias

Yesus Kristus Sang Mesias

Yesus Kristus Sang Mesias

Yang artinya “YANG DIURAPI”kepercayaan yahudi pemimpin masa depan yang membawa perubahan dalam jamannya,Tetapi orang yahudi kecewa mrk hanya berfikir dalam pikiran dunia,Justru kedatangan tuhan Yesus di dunia menjungkir balikan pengertian manusia seperti kejahatan dibalas dengan kebaikan,Pengenalan Akan BAPA di surga yang maha rahim dan penuh pengampunan

Yesus Kristus Sang Mesias
Yesus Kristus Sang Mesias

Mat 16:13-19

Engkau adalah Petrus,
dan di atas batu karang ini akan Kudirikan jemaat-Ku.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius:

Sekali peristiwa
Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi.
Ia bertanya kepada murid-murid-Nya,

“Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?”
Jawab mereka, “Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis,
ada juga yang mengatakan: Elia,

dan ada pula yang mengatakan: Yeremia
atau salah seorang dari para nabi.”

Lalu Yesus bertanya kepada mereka,
“Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?”
Maka jawab Simon Petrus,
“Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!”

Kata Yesus kepadanya,
“Berbahagialah engkau Simon bin Yunus,
sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu,

melainkan Bapa-Ku yang di surga.
Dan Aku pun berkata kepadamu:
Engkau adalah Petrus,

dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku,
dan alam maut tidak akan menguasainya.
Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Surga.

Apa yang kauikat di dunia ini
akan terikat di surga,
dan apa yang kaulepaskan di dunia ini
akan terlepas di sorga.”

Saudara-saudari….. Hari ini kita merayakan hari raya St. Petrus dan St. Paulus. Keduanya adalah Pahlawan Kristus dan selalu menjadi kebanggaan orang Kristen. Kepemimpinan mereka sangat luar biasa. Semangat kerasulan dari keduanya sungguh luar biasa.

Ajaran mereka selalu menjadi inspirasi hidup orang kristen dari zaman ke zaman.
St. Petrus adalah kepala para rasul. Dari antara para rasul, dia adalah orang pertama yang mengakui bahwa Yesus adalah Mesias, Anak Allah yang hidup. Karena imannya yang sangat kokoh akan Kristus, maka Yesus Kristus memberinya kunci kerajaan surga.

Petrus seorang yang sangat polos dan cepat bereaksi. Kadang dia jatuh, tetapi kejatuhannya tidak membuat dia jauh dari Tuhan. Ia selalu kembali kepada Tuhan dan memohon pengampunan Tuhan. Kita ingat bagaimana ia menyangkal Yesus tiga kali.

Sadar akan kejatuhannya ia menangis dan memohon belaskasihan Tuhan. Ia kembali ke rumah dan tetap merangkul semua pengikut Yesus. Ia tetap menjaga kebenaran iman. Sesudah kebangkitan Kristus, dengan tulus ia ungkapkan perasaan kasih-nya akan Yesus Kristus sewaktu Yesus bertanya kepadanya: Apakah engkau mengasihi Aku?

Tiga kali Yesus bertanya kepadanya: Apakah engkau mengasihi Aku, dan tiga kali juga ia menjawab kepada Yesus bahwa ia sangat mengasihi Yesus. Kasihnya akan Yesus bukan saja lewat kata-kata, tetap terlebih lewat perbuatannya.

Ia menjalankan apa yang sudah diperintahkan Yesus kepadanya. Ia menjaga kebenaran iman; ia mengayomi para pengikut Kristus; ia meneruskan misi Kristus secara khusus ke tengah masayarakat Yahudi. Karena imannya akan Kristus, ia pun rela mati di salib dengan posisi terbalik, kaki ke atas, kepala ke bawa.

St. Paulus adalah seorang Farisi, murid Gamaliel yang sangat pandai itu. Paulus belajar hukun Taurat. Dia sangat taat pada hukum Taurat dan sangat fanatik akan agama-nya yaitu agama Yahudi. Karena ketaatannya pada hukum Taurat dan fanatiknya akan agama Yahudi,

ia meminta izin pada Mahkama Agama untuk menganiaya para pengikut Yesus Kristus, yang banyak dari antaranya murtad dari agama Yahudi. Paulus menghendaki agar kelompok baru, yang mengakui Yesus Kristus itu adalah Mesias, harus dibubarkan atau dibinasakan.

Tetapi rencananya dipatahkan oleh Tuhan sendiri. Dalam perjalanan ke Damsyik Paulus dijamah oleh Yesus. Paulus tidak bisa berbuat apa-apa. Ia pasrah pada kekuasaan Tuhan. Dia bertobat dan sejak saat itu ia menjadi Rasul Kristus.

Ia mewartakan Kristus ke mana-mana tanpa kenal lelah, bahkan alami banyak penindasan, terapung dalam laut, terancam hukuman mati dan pada akhirnya lehernya dipenggal karena imannya akan Kristus.
Petrus dan Paulus sungguh pahlawan setia dan gagah dari Yesus Kristus. Hidup mereka sudah menjadi inspirasi untuk banyak orang. Kita memohon semoga mereka selalu mendoakan kita.

Saudara-saudari… Kalau kehidupan keduanya sudah menjadi inspirasi bagi banyak orang termasuk kita, lalu apa yang akan kita buat demi kelangsungan hidup Gereja kita? Apa sumbangan konkrit kita untuk Gereja Kristus? Apa yang harus kita buat agar semakin banyak orang tertarik kepada Yesus Kristus dan mengakui Kristus sebagai Tuhan dan Penyelamatnya?

Kita berdoa semoga semangat hidup St. Petrus dan St. Paulus selalu menjiwai semangat hidup kita sehingga kita selalu berani dan penuh semangat mewartakan kebenaran iman akan Kristus sehingga dengan demikian semakin banyak orang akan mengakui dan mengimani Dia. Marilah dan jadilah pahlwan-pahlawan Kristus yang setia dan gagah.

Kita memohon St.Petrus, St. Paulus dan Bunda Maria untuk mendoakan kita. Amen.

About winarnopambudi

Check Also

Janji Yang Ditepati Adalah Kunci Kepercayaan

Janji Yang Ditepati Adalah Kunci Kepercayaan Peristiwa Elisabet dan bunda maria  menerima anugrah dari allah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
error: Content is protected !!